Pengaruh Penggunaan Komposisi Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) Dan Tepung Tapioka Terhadap Bakso Daging Rusa Sambar (Cervus Unicolor)

  • Iin Indra Wahyuni Mahasiswa Konsentrasi Studi Peternakan Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
  • Andi Mariani Z Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
  • Sutikno Sutikno Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
bakso, tepung mocaf, tepung tapioka, kualitas organoleptik, daging rusa.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemungkinan penggunaan tepung mocaf dapat dijadikan alternatif bahan pengisi pembuatan bakso selain tepung tapioka, dan juga melihat perbandingan kualitas organoleptik antara tepung mocaf dan tepung tapioka pada bakso daging rusa.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 10 Mei 2013, Metode penelitian ini menggunakan kuesioner dengan melibatkan 20 panelis. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap ( RAL ) Faktorial 2 x 3 dan ulangan sebanyak 3 Kali Ulangan. Uji Duncan dilakukan jika ada pengaruh yang nyata, Hasil Penelitian ini menunjukan Bahwa tepung mocaf dapat dijadikan alternatif dalam pembuatan bakso selain tepung tapioka, dan interaksi antara jenis tepung dan komposisi tepung tidak berpengaruh nyata terhadap aroma, rasa, kekenyalan, sedangkan pada warna bakso dan kelentingan pada faktor jenis tepung berpengaruh nyata.

Download

Belum ada
Diterbitkan sejak
01-12-2015
Rekomendasi Sitasi
Wahyuni, I., Mariani Z, A., & Sutikno, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Komposisi Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) Dan Tepung Tapioka Terhadap Bakso Daging Rusa Sambar (Cervus Unicolor). Jurnal Pertanian Terpadu, 3(2), 17-26. Diambil dari https://ojs.stiperkutim.ac.id/index.php/jpt/article/view/98

Artikel Terkait