Pengaruh Pemberian Campuran Alga, Ceker Ayam, dan Kotoran Ayam Sebagai Pakan Terhadap Pertumbuhan Rotifera (Brachionus plicatilis)

  • Anshar Haryasakti Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
Brachionus plicatilis, Chlorella sp.,Ceker Ayam, Kotoran Ayam.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan menggunakan alga, ceker ayam, dan kotoran terhadap pertumbuhan rotifera (Brachionus plicatilis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan analisis rancangan acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan 3 perlakuan media dan disimbolkan dengan huruf A, B, C, masing-masing perlakuan mempunyai 4 ulangan sehingga terdapat 12 satuan percobaan. Adapun perlakuannya adalah untuk perlakuan A = Alga (Chlorella sp.), perlakuan B = Alga (Chlorella sp.) + ceker ayam 2 gram / 20 L, sedangkan C = Alga (Chlorella sp.) + kotoran ayam 2 gram/ 20L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laju pertumbuhan pada populasi B. plicatilis tertinggi terdapat pada perlakuan media B4 sebesar 23,6 ind/ml pada hari ke-6, sedangkan terendah pada media A1 sebesar 9,15 individu/ml. Tingkat pertambahan populasi yang paling tinggi adalah pada perlakuan B yaitu 368%, sedangkan tingkat pertambahan populasi yang paling rendah adalah pada perlakuan C yaitu 241%.

Download

Belum ada
Diterbitkan sejak
10-12-2016
Rekomendasi Sitasi
Haryasakti, A. (2016). Pengaruh Pemberian Campuran Alga, Ceker Ayam, dan Kotoran Ayam Sebagai Pakan Terhadap Pertumbuhan Rotifera (Brachionus plicatilis). Jurnal Pertanian Terpadu, 4(2), 131-142. https://doi.org/10.36084/jpt.v4i2.31
Bagian
Jurnal Pertanian Terpadu Jilid IV nomor 2 Desember 2016