Panduan Penulis

Judul Artikel

[Arial, 14, Bold, Centered, Title Case]

Penulis Utama1, Rekan Penulis2

1 Jurusan/Program Studi, Institusi

Alamat, Email: email@domain.ac.id (wajib ada)

2 Jurusan/Program Studi, Institusi

Alamat, Email : email@domain.ac.id, (wajib ada)

(jika institusi semua penulis sama, maka semua penulis menggunakan simbol nomor 1)

Abstract

Digunakan untuk semua artikel. Abstract merupakan intisari dalam bahasa inggris dengan format bahasa past tense. Jumlah kata maksimal 250, ditulis dengan hurus arial 10, spasi 1, dengan gaya huruf italic, rata kanan-kiri satu kolom.

Keywords: 3-6 kata, dipisahkan dengan koma, arial 10 pt, setiap kata diawali huruf besar.

ABSTRAK

Digunakan untuk semua artikel/. Abstrak merupakan intisari dalam bahasa Indonesia. Jumlah kata maksimal 250, ditulis dengan hurus arial 10, spasi 1, dengan gaya huruf tegak(normal), rata kanan-kiri satu kolom.

Kata kunci: 3-6 kata, dipisahkan dengan koma, arial 10 pt, setiap kata diawali huruf besar.

 

1 Pendahuluan [Heading Level 1: Arial 11pt, Bold, Title Case]

Berikut ini adalah petunjuk penulisan artikel dalam Jurnal Pertanian Terpadu (JPT) yang diterbitkan Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur. Penulis bertanggung jawab sepenuhnya terhadap isi naskah dan naskah merupakan tulisan yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Badan naskah ditulis menggunakan huruf arial 11 pt, 1,5 spasi, pada kertas Kuarto (A4) margin kiri 3 cm, sedangkan sisi lainnya 2,5 cm (atas-bawah-kanan).

 

2 Format Naskah

2.1 Panjang Naskah [Heading Level 2: arial 11pt, Bold, Title Case]

Naskah ditulis dalam kaidah Bahasa Indonesia yang baku dengan jumlah 12-20 halaman, termasuk gambar, diagram, dan tabel. Naskah harus mengacu pada tatacara penulisan seperti pedoman ini. Jika struktur penulisan berseberangan dengan pedoman ini, editor/redaksi akan mengembalikannya kepada penulis untuk disesuaikan tanpa mendiskusikannya dengan mitra bebestari.

2.2 Struktur Naskah

Judul naskah harus dapat mewakili isi dan merupakan ide yang sangat pokok dari naskah, tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. Nama penulis ditulis sesuai urutan dari kiri ke kanan tanpa gelar diikuti dengan identitas lembaga dan alamatnya. Penomoran heading dengan sistem Arabic dengan sub-heading maksimal 3 tingkat.

Naskah secara garis besar terdiri atas 3 bagian: Pendahuluan, Isi, dan Penutup. Berikut ini merupakan pedoman penulisan paragraf bernomor, menggunakan huruf alfabet (a, b, c, dst.) yang diapit tanda kurung.

(a)    Pendahuluan;

Pada bagian ini memuat latarbelakang, permasalahan, tinjauan pustaka, tujuan, dan manfaat (kontribusi) penelitian.

(b)    Isi;

Pada bagian ini dapat dibagi dalam beberapa sub pokok pembahasan sesuai dengan kebutuhan tulisan. Tidak terdapat batasan yang baku mengenai jumlah pemerincian sub pokok bahasannya, namun setidaknya mengandung: metode, hasil, dan pembahasan.

(c)    Penutup;

Pada bagian penutup terdiri atas kesimpulan dan daftar acuan.

2.3 Rumus

Rumus harus ditulis dengan jelas menggunakan indeks bernomor urut sesuai urutan kemunculan formula. Sebagai contoh:

(1)

Keterangan: Bt = benefit atau penerimaan yang diperoleh pada tahun ke-t

Ct = cost atau biaya yang dikeluarkan pada tahun ke-t

i = tingkat suku bunga (%)

t = tahun ke-

n = umur usaha

2.4 Gambar

Gambar diberi nomor sesuai urutan presentasi (Gambar 1, dst… ditulis cetak tebal/bold). Keterangan gambar diletakkan dibawah gambar, arial 10pt, diletakkan ditengah naskah (centered), gaya huruf normal, huruf besar pada awal kalimat kecuali kata yang menunjukkan kata atau singkatan (seperti: dan, yang, dsb). Gambar harus memiliki resolusi yang memadai dengan ukuran yang jelas terbaca.

 

Gambar 1. Sistem Sanitasi

2.5 Tabel

Tabel diberi nomor sebagaimana halnya gambar, diberi nomor sesuai urutan (Tabel 1, dst.). Keterangan tabel diletakkan di atas tabel, Arial 10pt, centered dengan spasi 1. Format tabel yang digunakan adalah tabel terbuka. Sedangkan untuk isi tabel ditulis menggunakan font Arial 9pt, nama kolom dicetak tebal (Bold).

Tabel 2. Biaya bahan baku (DOC) peternakan ayam potong (broiler) dalam 4 musim penen

Musim Panen

Harga DOC

(Rp/ekor)

Jumlah (ekor)

Total Biaya

(Rp)

1.

2.

3.

4.

5.000,00

6.000,00

5.500,00

5.000,00

35.000

35.000

35.000

35.000

175.000.000,00

210.000.000,00

192.500.000,00

175.000.000,00

Total biaya bahan baku 4 musim panen

Rp. 752.500.000,00

Sumber : Peternakan Ayam Potong (Broiler)

2.6 Acuan

Pengacuan menggunakan format sitasi APA (American Psychological Association), baik di dalam teks maupun di dalam daftar pustaka. Adaptasi ke dalam bahasa Indonesia diperbolehkan selama tidak mengubah struktur dan format aslinya. Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah. Daftar pustaka ditulis urut abjad secara ascending. Adapun contoh penulisan acuan di dalam teks adalah sebagai berikut:

untuk satu penulis:

…(Mosher, A.T. 1991). Atau Mosher, A.T (1991)…

Untuk dua penulis:

…(Pardede, R. & Renhard, M. 2014).

atau

Pardede, R. & Renhard, M. (2014) menyatakan…

Untuk 3 atau lebih penulis:

…… (Andersons et al., 2006) atau …(Andersons dkk., 2006)

atau

Andersons et al. (2006) menyatakan… atau Andersons dkk. (2006)…

Contoh penulisan acuan di dalam Daftar Pustaka disajikan pada bagian akhir padoman ini.

3 Tampilan, Spesifikasi, Syarat, dan Ketentuan Umum

Untuk mempermudah penulis dalam menyusun artikel, dapat digunakan format tulisan ini secara langsung. Format ini dapat diperoleh softcopy-nya dari editor/redaksi atau mengajukan permintaan format melalui email: jpt@stiperkutim.ac.id, atau dapat diunduh melalui website JPT http://jpt.stiperkutim.ac.id. Tampilan dalam format ini akan kembali dilakukan editing untuk disesuaikan dengan tampilan dengan format terbitan.

Penulis mengirimkan softcopy dalam bentuk CD atau melalui email JPT. Jika tulisan dinilai sudah sesuai format oleh editor/redaksi, penulis wajib mengirimkan naskah cetak (hardcopy) sebanyak 3 ekslempar ke sekretariat JPT, kampus Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur, jalan Soekarno-Hatta, Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur, Kode Pos 75611.

Penulis harus mengikuti syarat dan ketentuan umum yang diberlakukan Jpt. sebagai berikut:

1.    Artikel yang diajukan untuk diterbitkan oleh Jpt merupakan karya asli yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk dipublikasikan oleh penerbit lain.

2.    Redaksi/editor hanya memastikan gaya telikung sesuai dengan pedoman penulisan dalam Jpt.

3.    Kelayakan isi dari artikel yang diterbitkan merupakan hasil rekomendasi mitra bebestari.

4.    Artikel yang telah lolos penyuntingan (dari redaksi dan mitra bebestari) akan segera diterbitkan.

5.    Penulis wajib membayar biaya cetak sebesar Rp. 300.000,- kepada redaksi jika artikelnya terpilih untuk diterbitkan.

6.    Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer Bank BNI Kantor Cabang Sangatta dengan nomor rekening 0230235361 a.n STIPER Kutai Timur

4 Kesimpulan

Pedoman ini digunakan untuk mempermudah editor/redaksi dan mitra bebestari dalam melakukan penilaian kelayakan terbit dari naskah yang diajukan.

5 Daftar Pustaka

(Daftar pustaka ditulis dengan arial 11, dengan baris kedua dan seterusnya menjorok ke dalam 1 cm, spasi 1. Berikut beberapa contoh penulisan daftar pustaka menggunakan format sitasi APA)

Anderson, F. J. (1977). An illustrated history of the herbals. New York: Columbia University Press. (buku satu pengarang)

Celifano, C. R., & Roland, W. M. (2001). Measured rates of glacial melting in 4 loca-tions (ORSI Polar Research Institute Report No. 14). Abstrak diakses 5 Mei 2002, dari http://www.orsi.edu/npri/14.htm. (Abstrak dari suatu dokumen)

Gardener, E. D., Miner, E., & Royans, G. D. (1988). Heretics. Dalam S. Nevins & L. Bointer (Eds.), 16th Century England (pp. 327-384). London: Methaneon. (bab dalam buku)

Gilbert, H. S., & Hart, L. N. (Eds.). (2000). Racism and mapmaking: Never a straight line? New York: Preston Press. (buku dengan editor, ed. satu orang, eds. untuk > 1 orang)

Lessing, J. P. (2001). The physics of cultural magnets. Journal of Anthropological Studies, 8, 273-299. Diakses 3 Juli 2002, dari http://jas.org/2001-8-lessing.html. (versi cetak dari artikel internet.)

Massey, W. R., & Jameson, W. M., Jr. (2001). Organizational behavior and the new internet logic (3rd ed.). New York: McGraw-Hill. (buku beredisi)

Mercer, K. R. (2001). The matter at hand: Chaos is nothing. Atomic Psychology, 6, Article056a. Diakses 21 Januari 2001, dari ftp://www.atomicpsychology.edu/mercer. (jurnal yang dipublikasikan melalui internet).

Petrie Environmental Watch Center. (2 Agustus 2002). Recent conservation legislation. Dalam Law and land use in Petrie County(section 2). Retrieved August 3, 2002, from http://www.petriecenter.org/landuse/legislation/2.htm. (halaman internet resmi dari organisasi internasional atau yang sudah dikenal luas)

Understanding the new regulations. (2002, May 1). Scioto Valley News-letter, 9, 3-4. (artikel tanpa pengarang)

Wolf, E. (1990). Distinguished lecture: Facing power. American Anthropologist, 92, 586-596. (jurnal satu pengarang)