Efektivitas Kemitraan Inti Plasma Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus Pada Petani Plasma Pt Gunta Samba Kecamatan Kongbeng)

  • Kennedi Ala Mahasiswa Program Studi Agroteknologi, Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
  • Juraemi Juraemi Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
  • Imam Suhadi Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
Kemitraan, Inti Plama, Petani Plasma, PT. Gunta Samba

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan bulan Februari hingga Juli 2014. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan kemitraan sesuai kesepakatan kemitraan usaha perkebunan kelapa sawit inti dengan petani plasma di Kecamatan Kongbeng; menganalisis efektivitas kemitraan antara perusahaan inti dan petani plasma terhadap tingkat kepuasan petani plasma di PT Gunta Samba Kecamatan Kongbeng; menganalisis korelasi antara tingkat pendapatan petani plasma dari usaha perkebunan kelapa sawit dengan tingkat kepuasan petani plasma terhadap pelaksanaan kemitraan perkebunan kelapa sawit di PT Gunta Samba Kecamatan Kongbeng. Jumlah populasi dalam penilitian ini sebanyak 645 orang, yaitu semua anggota koperasi petani plasma sawit PT Gunta samba. Jumlah sampel dari populasi yang diambil sebagai responden sebanyak 42 orang dengan tingkat presisi sebesar 15%. Teknis pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian terhadap efektivitas kemitraan inti plasma perkebunan sawit dengan studi kasus pada petani plasma PT Gunta Samba di Kecamatan Kongbeng, beberapa instrumen dimensi program kerjasama kemitraan inti plasma sawit, pelaksanaannya masih dinilai rendah oleh petani plasma sawit. Instrumen-instrumen tersebut adalah perjanjian kemitraan dengan perusahaan (instrumen 3); penyampaian salinan surat perjanjian oleh koperasi (instrumen 4); pelaporan hasil penjualan TBS (instrumen 6); pelaporan hasil produksi TBS (instrumen 9); potongan-potongan koperasi (instrumen 11); dan pembinaan oleh perusahaan (instrumen 13). Sedangkan 1 instrumen yang dinilai oleh petani plasma tidak memuaskan yaitu keikutsertaan petani plasma dalam pengelolaan lahan plasma (instrumen 5). Secara keseluruhan, petani plasma sawit cukup puas terhadap instrumen-instrumen pelaksanaan program kemitraan inti plasma perkebunan sawit. Hal ini diketahui berdasarkan angka rata-rata tingkat kepuasan petani plasma yang sebesar 77%, dimana nilai tersebut berada pada jenjang kriteria memuaskan. Program kemitraan inti plasma perkebunan sawit tidak memiliki hubungan keterkaitan yang signifikan terhadap kepuasan dan peningkatan pendapatan petani plasma sawit dari hasil TBS kebun plasmanya.

Download

Belum ada
Diterbitkan sejak
01-06-2015
Rekomendasi Sitasi
Ala, K., Juraemi, J., & Suhadi, I. (2015). Efektivitas Kemitraan Inti Plasma Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus Pada Petani Plasma Pt Gunta Samba Kecamatan Kongbeng). Jurnal Pertanian Terpadu, 3(1), 76-88. Diambil dari http://ojs.stiperkutim.ac.id/index.php/jpt/article/view/90