Profil Pemberitaan Pembangunan Perikanan Dan Kelautan Pada Surat Kabar Kaltim Post Periode 1 Januari – 31 Desember 2024
Abstrak
Surat kabar Kaltim Post memuat berita pembangunan perikanan dan kelautan untuk meningkatkan semangat untuk menghasilkan perubahan iklim yang lebih baik. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode sensus dengan mengambil seluruh pemberitaan yang terkait dengan berita pembangunan perikanan dan kelautan pada surat kabar Kaltim Post periode 1 Januari 2024 - 31 Desember 2024. Selanjutnya responden kunci terdiri dari 4 orang akademisi, 2 orang perwakilan birokrasi dan 1 orang perwakilan redaktur surat kabar Kaltim Post. Metode analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan total frekuensi pemunculan berita adalah 748 artikel dan total volume berita sebanyak 364.749 cmk. Frekuensi pemunculan berita terbanyak pada Bulan Mei yaitu sebanyak 101 artikel dan volume pemunculan berita terbanyak adalah pada Bulan Mei dengan total volume 47.038 cmk. Berita pembangunan perikanan dan kelautan berdasarkan pendapat akademisi dan birokrat adalah dapat dipercaya. Hal ini dilihat dari bahasa yang mudah dipahami, konsep materi berita yang tidak menyimpang dari keilmuan, adanya relevansi dengan data pendukung, sumber berita jelas, tidak ada pencampuran fakta dan opini, keseimbangan penulisan berita, isu pemberitaan yang komprehensif, dan orientasi pemberitaan yang melihat konflik sebagai isu yang kompleks. Surat kabar Kaltim Post memiliki kebijakan pemberitaan tentang pembangunan perikanan dan kelautan yang tidak terfokus pada sektor tertentu untuk diberitakan.
Download
Referensi
Adam, L., & Surya, T. A. (2013). Sustainable Fisheries Development Policy in Indonesia. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4(2), 195–211.
Aridho, A., Situmeang, T. A., Tinambunan, D. R., Ramadhani, K. N., Lase, M. W., & Ivanna, J. (2024). Peran Media Massa Dalam Membentuk Opini Publik: Demokratisasi Pasca-Reformasi. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 206–210. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1693
Arifeni, S., Muttaqin, N. A., & Baehaqie, I. (2024). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. van Dijk pada Surat Kabar Online Kompas dengan Tajuk “Guru Dijejali Beragam Aplikasi Pendidikan.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2396–2408. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3549
Bangun, E. P., Koagouw, F. V. I. ., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan Berita Pada Media Online Manadopostonline.com. Acta Diurna Komunikasi, 1(3), 4–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25560
BPS. (2024). Statistik Sumber daya Laut dan Pesisir 2024: Pengelolaan Sumber Daya Laut Untuk Pembangunan Berkelanjutan dan kesejahteraan Masyarakat di Wilayah Pantai. Sustainability (Switzerland), 21(1), 267 hal. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Hasanah, A., & Sabiruddin, S. (2022). Strategi Koran Kaltim Post Dalam Menarik Pembaca Di Era Digital. JASIMA : Jurnal Komunikasi Korporasi Dan Media, III(1), 37–48.
Hendra, T. (2019). Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.24952/taghyir.v1i2.1723
Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187
Khaer, A., Khoir, N., & Hidayati, Y. A. (2021). Senjakala Media Cetak: Tantangan Jurnalisme Cetak di Era Digital. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(3), 324–331. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.3080
Krityantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.
Kusuma, A., Fadillah, M. N., Afriansyah, S., Rosita, I., Anwar, N., Aprilliyanti, P. H., Azizah, S., Aliyya, L. S., Islam, U., Sultan, N., Hasanuddin, M., Berita, S., & Media, L. (2024). Pentingnya Memahami Struktur Berita dan Artikel di media Massa Indonesia. JIPMuktj:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 112–116. https://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/article/view/187/113
Kusumah, D. S. W. (2019). sumber (4)_30788-36408-1-PB. 2(2), 1–5.
Lestaluhu, S. (2015). Peran Media Cetak Dalam Mengawal Kebijakan Publik Di Kota Ambon the Role of Mass Media in Leading Public Policy in Ambon. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publi, 19(1), 01–15.
Maisarah, W., & Ambardi, K. (2012). Pemberitaan Konflik Dalam Suratkabar Kompas (Analisis Isi Berita Konflik Ahmadiyah, Tarakan dan Papua dalam Suratkabar KOMPAS). https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/57759
Maiyulinda, C. (2018). Analisis Wacana Berita Liputan Khusus Terhadap Kecenderungan Media Dalam. 6(1), 158–172.
Pratama, A. N., Erwiantono, & Juliani. (2016). Analisis Pemberitaan Pembangunansektor Perikanan -Kelautan Padaharian Kaltim Post Periode Januari -Juni 2014. Jurnal Pembangunan Perikanan Dan Agribisnis, 2(2), 1–12.
Rahayu. (2006). Menyikap Profesionalisme Kinerja Surat Kabar di Indonesia. Pusat Kajian Media & Budaya Populer Dewan Pers.
Santoso, P. (2006). Opini Wartawan Terhadap Kebebasan Pers (Studi Kasus Aliansi Jurnalis Independen dan Persatuan Wartawan Indonesia cabang Sumut di Kota Medan). Universitas Sumatera Utara.
Saputri, R. A., Pratiwi, L. A., & Setianingrum, E. (2022). Peran Media Massa dalam Mempengaruhi Public Trust di Masyarakat. PANDITA : Interdisciplinary Journal of Public Affairs, 5(1), 13–22. https://doi.org/10.61332/ijpa.v5i1.37
Siregar, R. ., Enas, U., Putri, D. ., Hasbi, E., Ummah, A. ., Arifudin, O., & Al., E. (2014). Komunikasi Organisasi. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Sugiharto, E. (2008). Analisis Isi Berita Pembangunan Periklanan dan Kelautan pada Surat Kabar Kaltim Post. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 5(1), 97–110. https://doi.org/10.24002/jik.v5i2.214
Supit, G. I., Paputungan, R., & Senduk, J. (2018). lisis Penerapan Bahasa JuralistiAnak Berita Kriminal Pada Koran Tribun Manado. Acta Diurna Komunikasi, 7(4), 1–16.
Yunita, A., & Salman. (2022). Objektivitas Tempo.co dalam Memberitakan Sosok Jokowi (Analisis Isi Kuantitatif Berita Jokowi di Bulan September-Desember 2019). Jurnal Bisnis Komunikasi , 9(1), 13–22.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Pemegang hak cipta adalah penulis sesuai dengan ketentuan yang berlaku.