Model Komunikasi Bisnis Pada Usaha Kecil Menengah Produk Pupuk Organik (Studi Kasus Usaha Pupuk Organik Bena Tani Cerdas)
Abstrak
UKM Bena Tani Cerdas merupakan produsen pupuk organik yang telah mengimplementasikan berbagai bentuk dan fungsi komunikasi dalam kegiatan bisnisnya sejak awal 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model komunikasi bisnis yang diterapkan berdasarkan bentuk dan fungsi komunikasi, serta menganalisis hambatan komunikasi yang dihadapi oleh pelaku usaha. Penelitian dilaksanakan pada November 2023 hingga Februari 2024 di Kelurahan Budaya Pampang, Kota Samarinda. Informan dalam penelitian ini terdiri atas satu produsen pupuk organik dan sepuluh konsumen, yang meliputi tiga mitra kerja dan tujuh pengguna akhir, dengan teknik purposive sampling untuk produsen dan snowball sampling untuk konsumen. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model komunikasi yang digunakan mencakup model linier (100%), interaksional (60%), dan transaksional (40%), dengan dominasi model linier. Bentuk komunikasi yang paling banyak digunakan adalah komunikasi verbal dan melalui media (masing-masing 80%). Fungsi komunikasi yang paling dominan adalah fungsi informatif (100%), diikuti oleh fungsi persuasif (60%) dan kerjasama (40%). Hambatan komunikasi yang dihadapi meliputi hambatan penyampaian, fisik, semantik, dan sosial. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi komunikasi yang adaptif untuk meningkatkan efektivitas interaksi bisnis di sektor UKM pertanian organik.
Download
Referensi
Alliyah Elsa Fitri, Teguh Budi Trisnanto, and Sri Handayani. (2022). Strategi Pemasaran Pupuk Organik Cair CV. Wong Agro Lestari. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Dan Pendidikan Vokasi Pertanian, 3(1), 202–210. https://doi.org/10.47687/snppvp.v3i1.306
Almadina Rakhmaniar. (2024). Analisis Kuantitatif Tentang Pengaruh Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Dalam Proses Negosiasi Bisnis. SOSIAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i1.251
Christiana, I., Bahagia, R., Putri, L. P., and Sitorus, R. S. (2022). Peran Komunikasi Bisnis Dalam Membantu Perkembangan UMKM. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 100–108. https://doi.org/10.53695/js.v3i1.700
Erawati, N. M. Y., Suamba, I. K., and Astiti, N. W. S. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Pupuk Organik Pada UD Darma Puri Farm Di Desa Tangkas, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), 6(2), 69. https://doi.org/10.24843/JMA.2018.v06.i02.p10
Fritz, M., Grimm, M., Keilbart, P., Laksmana, D. D., Luck, N., Padmanabhan, M., Subandi, N., and Tamtomo, K. (2021). Turning Indonesia Organic: Insights from Transdisciplinary Research on the Challenges of a Societal Transformation. Sustainability, 13(23), 13011. https://doi.org/10.3390/su132313011
Fuad Assadin. (2020). Jumlah UMKM di Kaltim Meningkat. Retrieved from Poskotakaltimnews.com website: https://poskotakaltimnews.com/read/2052/jumlah-umkm-di-kaltim-meningkat#:~:text=Fuad Assadin menambahkan%2C UMKM Kalim seperti juga,dan Usaha Kelas Menengah sebesar 0%2C42 persen.&text=Hal ini terindikasi dari struktur kelas UMKM kita%2C yang sebenarnya j
Hegedűs, I., Danner, G., and Jelasity, M. (2021). Decentralized learning works: An empirical comparison of gossip learning and federated learning. Journal of Parallel and Distributed Computing, 148, 109–124. https://doi.org/10.1016/j.jpdc.2020.10.006
Hidayat, A. S., Suciati, L. P., and Sudarko, S. (2023). Strategi Pengembangan Pupuk Organik Berbasis Limbah Ternak dan Limbah Pertanian di Kabupaten Jember. Jurnal Agribest, 7(1), 40–53. https://doi.org/10.32528/agribest.v7i1.9309
Khairiyakh, R., Irham, I., and Mulyo, J. H. (2016). Contribution of Agricultural Sector and Sub Sectors on Indonesian Economy. Ilmu Pertanian (Agricultural Science), 18(3), 150. https://doi.org/10.22146/ipas.10616
Kusuma, D. F., and Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Lestari, I., Saniah, N., and Balqis, S. (2025). Pelatihan Komunikasi Satu Arah, Komunikasi Dua Arah dan Komunikasi Transaksional Pada Siswa Di SMK Negeri 14 Medan. DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.58545/djpm.v4i1.491
Maulidar, N., Syamaun, S., and Chairawati, F. (2018). Model Komunikasi Bisnis untuk Usaha Kecil dan Menengah Jenis Kasab di Kabupaten Aceh Besar (UIN Ar-Raniry Banda Aceh). UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2621/
Mujahid, M., Safar, I., and Rantalemba, W. (2020). Peran Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Sales Promotion Girl Rokok Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Sinar Manajemen, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.56338/jsm.v7i1.1092
Mulitawati, I. M., and Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7616
Ondang, C., Singkoh, F., and Kumayas, N. (2019). Peranan Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Minahasa (Suatu Studi Di Dinas Koperasi Dan UKM). JURNAL EKSEKUTIF, 3(3), 1–10. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/25488
Qosidah, N. (2023). Strategi Dalam Komunikasi Bisnis. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.
Rahmah, I., Kaukab, M. E., and Yuwono, W. (2020). Peran Pemerintah Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM. JURNAL CAPITAL : Kebijakan Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 30–50. https://doi.org/10.33747/capital.v3i2.39
Rosalin, S., Susilowati, Natalia, D. C., and Ambulani, N. (2020). Komunikasi Bisnis pendekatan praktis. Malang: UB Press.
Siwanto, T., , S., and Melati, M. (2015). Peran Pupuk Organik dalam Peningkatan Efisiensi Pupuk Anorganik pada Padi Sawah (Oryza sativa L.). Jurnal Agronomi Indonesia (Indonesian Journal of Agronomy), 43(1), 8. https://doi.org/10.24831/jai.v43i1.9582
Suwanan, A. F., and Allya, H. R. (2023). Investigating the Factors and Behaviors Influencing Entrepreneurial Intention in Agricultural Sectors among Indonesian Millennials. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1246(1), 012037. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1246/1/012037
Zuraida, Z., Ihsan, M., and Husna, S. (2024). An empirical analysis of sustainability disclosure and its impact on firm performance: a study of companies in the agriculture sector listed on the Indonesian stock exchange. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1356(1), 012074. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1356/1/012074
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Pemegang hak cipta adalah penulis sesuai dengan ketentuan yang berlaku.