Faktor Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat dalam Mengkonsumsi Tempe Bungkus Daun di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara

  • Nila Kusumawati Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
Kata Kunci: Faktor-faktor preferensi masyarakat, Tempe bungkus daun, Pasar Loa Kulu

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam mengkonsumsi tempe bungkus daun. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Loa Kulu sejak bulan April 2014 sampai dengan bulan Juni 2014. Pengambilan data dilakukan di Pasar Loa Kulu melalui wawancara dan kuisioner yang diisi oleh responden pada daftar pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan. Sampel yang diambil sebanyak 23 orang dari 300 populasi. Responden yang digunakan adalah konsumen yang sudah membeli tempe bungkus daun diambil secara sengaja. Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam mengkonsumsi tempe bungkus daun menggunakan analisis secara deskriptif, diukur melalui 10 indikator  yaitu harga, kehalalan, tambahan pengawet, informasi kadaluarsa, pilihan rasa, kemasan, ketersediaan, merek, tambahan nilai gizi, izin Departemen Kesehatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi diukur melalui 10 indikator diantaranya 8 faktor termasuk mempengaruhi yaitu harga, kehalalan, tambahan pengawet, informasi kadaluarsa, pilihan rasa, kemasan, ketersediaan, tambahan nilai gizi sedangkan 2 faktor yang tidak mempengaruhi yaitu merek dan Izin Departemen Kesehatan.

Download

Belum ada

Referensi

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Edisi Revisi V. Rineka Cipta, Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kutai Kartanegara. (2012). Kutai Kartanegara Dalam Angka 2012. BPS Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong.

Kecamatan Loa Kulu. (2014). Data Penduduk dan Monografi Kecamatan Loa Kulu. Kecamatan Loa Kulu, Loa Kulu..

Moleong Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit Remaja Rosdakarya Offet. Bandung.

Rayandi ,D. S.( 2008). Panduan Wirausaha Tempe. Media Pressindo, Yogjakarta.

UPTD. Dinas Pertanian Kecamatan Loa Kulu. (2013). Produksi Kedelai Tahun 2013. UPTD. Dinas Pertanian, Loa Kulu.

Zuriah, N. (2005). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Diterbitkan online sejak
13-12-2018