Pengaruh Lama Perendaman Dan Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh Atonik Terhadap Perkecambahan Biji Ulin (Eusideroxylon Zwageri Teijsm & Binn)

  • Sutarmono Sutarmono PT Surya Hutani Jaya, Kalimantan Timur
  • Nanang Sasmita Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
Biji, Perkecambahan, Atonik, Eusideroxylon zwageri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman biji Eusideroxylon zwageri dengan konsentrasi Atonik yang tepat untuk mempercepat perkecambahan. Penelitian dilaksanakan di Gang Babussalam Sangatta Selatan, Kutai Timur. Hasil penelitian menunjukan perlakuan yang terbaik terhadap perkecambahan Eusideroxylon zwageri yaitu perendaman selama 24 jam dengan tiga mililiter konsentrasi Atonik. Berdasarkan uji BNT taraf 5% bahwa lama perendaman dan konsentrasi Atonik menunjukkan pengaruh sangat nyata, sedangkan Interaksi keduanya menunjukkan pengaruh tidak nyata.

Download

Belum ada
Diterbitkan sejak
30-11-2013
Rekomendasi Sitasi
Sutarmono, S., & Sasmita, N. (2013). Pengaruh Lama Perendaman Dan Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh Atonik Terhadap Perkecambahan Biji Ulin (Eusideroxylon Zwageri Teijsm & Binn). Jurnal Pertanian Terpadu, 1(2), 116-135. Diambil dari http://ojs.stiperkutim.ac.id/index.php/jpt/article/view/55