Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Dan Efisiensi Pemanfaatan Faktor Produksi Terhadap Produksi Usahatani Pepaya Callina (Carica papaya L.) di Kota Balikpapan

  • Indah Novita Dewi Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur, Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur.
  • Achmad Zaini Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur
  • Ndan Imang Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur
Efisiensi, Faktor produksi, Faktor sosial ekonomi, Pepaya Callina, Usaha tani

Abstrak

Kota Balikpapan termasuk salah satu sentra penanaman buah pepaya, salah satunya yang sedang berkembang adalah pepaya Callina. Usahatani pepaya Callina di Kota Balikpapan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berfluktuasinya produksi dapat disebabkan dari faktor-faktor tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor produksi (input) dan faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi produksisertatingkat efisiensi usahatani pepaya Callina. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Balikpapan dari bulan Agustus sampai dengan November 2017.Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Daerah penelitian dilakukan secara purposive samplingdan penentuan petani sampel secara proportional random sampling. Analisis data untuk mengetahui pengaruh faktor produksi dan sosial ekonomi dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan untuk mengetahui tingkat efisiensi menggunakan pendekatan efisiensi harga.Hasil penelitian menunjukkan faktor produksi (input) luas lahan, tenaga kerja, bibit, pupuk, dan pestisida secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap produksi pepaya callina dengan Fhitung > Ftabel (26,404 > 2,57).Faktor sosial ekonomi seperti umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, dan pengalaman berusahatani secara bersama-sama berpengaruh tidak nyata terhadap produksi pepaya callina dengan Fhitung < Ftabel (1,812 < 2,71), sedangkan efisiensi usahatani pepaya callina di Kota Balikpapan belum tercapai. Hal ini disebabkan pengalokasian faktor produksi (input) yang diberikan belum tepat.

Download

Belum ada

Referensi

BPS Kota Balikpapan. (2015). Keadaan Sosial Ekonomi dan Kependudukan Kota Balikpapan Tahun 2015. Balikpapan: BPS Kota Balikpapan
Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Balikpapan.(2017). Studi kelayakan pertanian terpadu Kota Balikpapan. Balikpapan. Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Balikpapan.
Agromedia. (2009). Buku pintar budidaya tanaman buah unggul Indonesia. Jakarta: Agromedia Pustaka.
Gujarati, D. (1997). Ekonometrika dasar. (S. Zain, penerj.). Jakarta: Erlangga.
Prayoga. (2011). Jurus Sukses Budidaya Pepaya Kalifornia. Jakarta: Abata Press.
Rahmawati, L. A. (2015). Analisis Usahatani Pepaya Varietas California (Carica papaya) (Studi Kasus di Desa Bakalan Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur). Skripsi. Universitas Bojonegoro: Jawa Timur.
Sarwoko. (2005).Dasar-Dasar Ekonometrika.Yogyakarta: Andi.
Soekartawi. (1994). Teori ekonomi produksi dengan pokok bahasan analisa fungsi produksi Cobb-douglass. Jakarta: Rajawali.
Soekartawi. (2003). Teori ekonomi produksi dengan pokok bahasan analisa fungsi produksi Cobb-douglass.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Diterbitkan sejak
18-12-2019
Rekomendasi Sitasi
Dewi, I., Zaini, A., & Imang, N. (2019). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Dan Efisiensi Pemanfaatan Faktor Produksi Terhadap Produksi Usahatani Pepaya Callina (Carica papaya L.) di Kota Balikpapan. Jurnal Pertanian Terpadu, 7(2), 236-250. https://doi.org/10.36084/jpt.v7i2.203