Minat Mahasiswa Fakultas Pertanian Terhadap Informasi Pertanian (Studi Kasus di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman)

  • Sufianti Sufianti Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur
  • Tetty Wijayanti Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur
  • Mursidah Mursidah Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur
Mahasiswa, Pertanian, Informasi pertanian, Perilaku mahasiswa, Kebutuhan mahasiswa

Abstrak

Beragamnya kebutuhan informasi yang dibutuhkan petani, maka mahasiswa pertanian perlu mempersiapkan diri dengan terus meningkatkan pengetahuannya mengenai informasiĀ  pertanian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa Fakultas Pertanian terhadap informasi seputar pertanian, seberapa besar kontak mahasiswa Fakultas Pertanian terhadap sumber informasi dan keaktifan mahasiswa Fakultas Pertanian dalam mencari informasi. Penelitian ini telah dilaksanakan selama dua bulan dimulai dari bulan September 2017 hingga bulan Oktober 2017 di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah stratified proportional random sampling dengan jumlah responden adalah 95 mahasiswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan metode pengukuran skoring (skala Likert). Penelitian ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap informasi pertanian (56,3) kategori kurang minat, kebutuhan mahasiswa terhadap informasi pertanian (21,2) kategori sangat butuh, kontak dengan sumber informasi (15) kategori kurang sering, dan keaktifan mencari informasi (20,1) kategori kurang aktif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Pertanian kurang minat terhadap informasi pertanian, mahasiswa Fakultas Pertanian sangat membutuhkan informasi pertanian, mahasiswa Fakultas Pertanian kurang sering melakukan kontak dengan sumber informasi, dan mahasiswa Fakultas Pertanian kurang aktif dalam mencari informasi seputar pertanian.

Download

Belum ada

Referensi

Adhyani A. (2008). Keaktifan Mencari Informasi Dan Perilaku Agribisnis Pembudidaya Ikan Hias Di Kabupaten Bogor. [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor.
Andriaty, E., Sankarto, B. S., & Setyorini, E. (2011). Kajian kebutuhan informasi teknologi pertanian di beberapa kabupaten di Jawa. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 20(2), 54-61.
Davis, B. (2009). Management information system: conceptual foundation, structure and development (Second Edition). New York: McGraw Hills.
Mardikanto T. (2010). Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Maryam, S., & Hubeis, M. (2009). Efektivitas Penyebaran Informasi di Bidang Pertanian melalui Perpustakaan Digital (Kasus Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 7(1).
Prihandoyo, WB. (2014). Efektivitas Diseminasi Informasi Pertanian Melalui Media Telepon Genggam Pada Petani sayuran di Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. [Tesis]. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Setiabudi D. (2004). Pemanfaatan Media Informasi Teknologi Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Di Jakarta. [Tesis]. Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Silalahi, Ulber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wilson, T. D. (2000). Human information behavior. Informing Science: the International Journal of an Emerging Transdiscipline, 3, 49-56.
Diterbitkan sejak
18-12-2019
Rekomendasi Sitasi
Sufianti, S., Wijayanti, T., & Mursidah, M. (2019). Minat Mahasiswa Fakultas Pertanian Terhadap Informasi Pertanian (Studi Kasus di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman). Jurnal Pertanian Terpadu, 7(2), 202-215. https://doi.org/10.36084/jpt.v7i2.200