Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Petani Bekerja di Luar Sektor Pertanian di Desa Besuki, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo

  • Lukas Dwi Aryanto Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
  • Lasmono Tri Sunaryanto Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Minat petani, Pendapatan diluar sektor pertanian, Pendidikan petani, Sistem kepemilikan lahan di Wonosobo, Usia Petani

Abstrak

Penduduk desa saat ini lebih memilih bekerja diluar sektor pertanian karena luas penguasaan lahan yang minim dan minat yang kurang di bidang pertanian, namun untuk menangani permasalahan tersebut banyak penduduk desa memilih bekerja diluar sektor pertanian untuk meningkatkan pendapatan dan mensejahterakan kehidupan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui pengaruh usia, luas lahan usaha tani, jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan dan pendapatan di luar sektor pertanian terhadap minat petani bekerja di luar sektor pertanian, dan 2) Mengetahui variabel mana yang paling kuat pengaruhnya terhadap minat petani bekerja diluar sektor pertanian. Lokasi penelitian di Desa Besuki, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian diskriptif kuantitatif. Teknik  pengambilan sampel dengan metode simple random sampling sebanyak 35 orang.  Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) usia (X1), luas penguasaan lahan (2), jumlah anggota keluarga (X3), tingkat pendidikan (X4), pendapatan di luar sektor pertanian (X5), minat petani bekerja diluar sektor pertanian (Y). 2) usia (X1) dan pendapatan diluar sektor pertanian (X5) secara parsial berpengaruh nyata terhadap minat petani bekerja diluar sektor pertanian (Y) sedangkan luas penguasaan lahan (X2), jumlah anggota keluarga (X3), dan tingkat pendidikan (X4) tidak berpengaruh nyata terhadap minat petani bekerja diluar sektor pertanian (Y). 3) variabel usia (X1) dan pendapatan diluar sektor pertanian (X5) memiliki pengaruh yang paling besar terhadap minat petani bekerja diluar sektor pertanian (Y).

Download

Belum ada

Referensi

Ananda, S. S. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu Dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Variabel Mediator Motivasi Kerja Karyawan. Administrasi Bisnis, 58(1), 67–76.
Ghozali, I. (2013). Apliaksi Analisis Mulitivariate Dengan Pogram IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro Semarang.
Nurmanaf, A. . (2005). Analisis Kesempatan Kerja dan Struktur Pendapatan Rumah Tangga di Pedesaan. Sosial Ekonomi Pertanian, 9(2), 12–25.
Pangastuti, Y. (2015). Analisis Pembangunan Sumber Daya Manusia Di Provinsi Jawa Tengah. Economics and Policy, 8, 238–249.
Rachmawati, V. (2009). Hubungan antara hedonic shopping value, positive emotion, dan perilaku impulse buying pada konsumen ritel. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga (JEBA)| Journal of Economics and Business Airlangga, 19(2), 25–32.
Sugiyono, M. (2008). Uji Validitas. Bandung: Alfabet.
Sugiyono, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabet.
Sugiyono, M. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet.
Diterbitkan sejak
18-12-2019
Rekomendasi Sitasi
Aryanto, L., & Sunaryanto, L. (2019). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Petani Bekerja di Luar Sektor Pertanian di Desa Besuki, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Jurnal Pertanian Terpadu, 7(2), 131-140. https://doi.org/10.36084/jpt.v7i2.195