Pengaruh Budaya Nelayan Terhadap Niat dan Perilaku Keberdayaan Nelayan Artisanal (Studi Kasus di Provinsi Kalimantan Timur)

  • Rusmiyati Rusmiyati Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
budaya, nelayan, perilaku keberdayaan, artisanal.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya nelayan terhadap niat dan perilaku keberdayaan nelayan artisanal. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah pesisir Provinsi Kalimantan Timur yang meliputi Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Kertanegara, dengan jumlah responden 237 rumah tangga perikanan tangkap yang merupakan nelayan artisanal. Alat analisis untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya Nelayan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat untuk memberdayakan diri. Budaya Nelayan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Keberdayaan. Niat  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Keberdayaan. Kesimpulan hasil penelitian ini yang pertama adalah Theory Planned Behavior (TPB) dapat mengukur pengaruh budaya nelayan terhadapNiat berperilaku, kedua  dapatmengukur pengaruh budaya nelayan terhadap Perilaku Keberdayaan dan ketiga Niat dapat menjadi variabel intervening.

Download

Belum ada
Diterbitkan sejak
07-12-2016
Rekomendasi Sitasi
Rusmiyati, R. (2016). Pengaruh Budaya Nelayan Terhadap Niat dan Perilaku Keberdayaan Nelayan Artisanal (Studi Kasus di Provinsi Kalimantan Timur). Jurnal Pertanian Terpadu, 4(2), 104-118. https://doi.org/10.36084/jpt.v4i2.13
Bagian
Jurnal Pertanian Terpadu Jilid IV nomor 2 Desember 2016