Strategi Pemasaran Agroindustri Tempe di Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur

  • Rusmiyati Rusmiyati Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur, Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur.
  • Muhamad Yazid Bustomi Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur, Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur.
Agroindustri, Pemasaran, Strategi, SWOT, Tempe

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dihadapi dalam pemasaran agroindustri tempe usaha tahu bintang, dan merumuskan strategi pemasaran agroindustri tempe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pemasaran tempe di Kecamatan Sangatta Utara menunjukkan bahwa Strengths yang dimiliki adalah pengusaha memiliki pengalaman yang cukup lama,  produk tempe memiliki tampilan yang lebih putih dan bersih, produk cukup diminati semua kalangan penggemar tempe dan biasa diterima di-semua kalangan, serta pemasaran produk sudah sampai ke Kota lain. Weaknesses – nya antara lain kemasan menggunakan pembungkus yang sederhana, promosi yang masih terbatas, dan promosi yang dilakukan hanya melalui penjualan pribadi. Opportunities-nya adalah produk sudah cukup dikenal, produk yang mampu bersaing dengan produk sejenis, pasar masih terbuka luas untuk pemasaran tempe dari Usaha Tahu Bintang. Treats-nya adalah banyak pesaing dari produk sejenis dan keterbatasan informasi pasar. Strategi pemasaran tempe yang dapat dilakukan adalah mempertahankan pasar yang sudah ada dan mencari pasar yang baru,  mempertahankan mutu agar konsumen tetap memilih produk, serta mencari alternatif saluran pemasaran.

Download

Belum ada

Referensi

Alma, B. (2000). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta: Bandung
Kotler, Philip. (1999). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Jilid 1 (Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Kedelapan, Jilid 1).(Wihelmus S. Bakowastun, Penerjemah). Jakarta: Erlangga.
K.otler, P.,& Armstrong, G.(2004).Dasar-Dasar Pemasaran, (Edisi Kesembilan, Jilid 2). (Alexander Sindoro, Penerjemah). Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P., & Keller, K.(2006).Marketing Management (Edisi ke Empat, Jilid 1).(Lina Salim, Penerjemah). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi ke Dua Belas). Jakarta: Indeks
Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Swastha, B. dan Irawan. (2002). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Safitri, K. (2015). Struktur Biaya dan Pendapatan Usaha Tempe Anggota dan Non Anggota Primer Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia Kota Bogor (Studi Kasus Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor). Skripsi. Institut Pertanian Bogor: Bogor.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran (Edisi Kedua). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Diterbitkan sejak
18-12-2019
Rekomendasi Sitasi
Rusmiyati, R., & Bustomi, M. (2019). Strategi Pemasaran Agroindustri Tempe di Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Pertanian Terpadu, 7(2), 216-227. https://doi.org/10.36084/jpt.v7i2.201